Survival dan Mountaineering, Bekal Saka Wira Kartika Cabang GunungKidul dan Ranting Girisubo



GUNUNGKIDUL -- Pramuka Saka Wira Kartika Cabang Kodim dan Ranting Girisubo melaksanakan latihan rutin dengan materi Krida Survival dan Mountainering di dua tempat, yaitu untuk Cabang di lapangan Kodim serta Ranting di Pantai Wedi Ombo Kec. Girisubo. Minggu (26/7/20).

Saka Wira Kartika merupakan Pramuka binaan TNI AD umumnya, khususnya Kodim 0730/Gunungkidul membina sebanyak 35 orang yang berada di Cabang serta 25 orang siswa-siswi tingkat Ranting Kecamatan Girisubo. Pada Kali ini meraka menyelenggarakan latihan Survival bagi tingkat Cabang dan Mountainering di tingkat Ranting.

Di bawah kepelatihan Sersan Satu Danu Rahmadi, SWK Cabang sangat antusias melaksanakan latihan Survival, dimana kali ini sangat menantang adrenalin. Bagaimana tidak menantang, sebab siswa-siswi di kenalkan satu persatu tentang binatang-binatang buas yang berada di alam bebas, contohnya adalah ular, Buaya, dan Biawak.

“Dengan didampingi intruktur atau pawang yang sudah terlatih, anak-anak satu persatu diajari cara menangkap hewan-hewan tersebut, walaupun sudah jinak, Ucap pelatih Danu Rahmadi.”



Di lain tempat, Sersan Satu Sumarwanto yang menjabat sebagai babinsa koramil 09/Rongkop dan juga sebagai pelatih Pramuka SWK tingkat Ranting, juga melaksakan latihan Mountainering di Pantai Wedi Ombo. Tidak kalahnya dengan Pramuka Cabang, anak-anak Ranting dengan semangat serta dengan alat seadanya melakukan rayapan tali satu.

“Kami melatihkan Rayapan tali satu ini, agar Pramuka Saka Wira Kartika mengerti bagaimana caranya menolong korban yang terperosok di jurang, sebab tidak menutup kemungkinan anak-anak kami ini dilibatkan dalam kesiagaan bencana alam, yang terjadi di wilayah kami, tutur Babinsa Sumarwanto.”

Generasi Muda adalah penerus cita-cita bangsa Indonesia, baik dalam aksi Bela Negara maupun kemanusiaan. Maka dari itu Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0730/Gunungkidul baik tingkat Cabang maupun Ranting, selalu siap dalam menghadapi rintangan dan cobaan, Survival sangat berguna pada saat kita hidup di hutan, serta Mountainering juga penting guna menolong seseorang yang terkena musibah dan bencana.
__
Sumber : Penerangan Kodim 0730/Gk dan Pinsaka Wira Kartika

Post a Comment

0 Comments