Workshop Pengelolaan Kegiatan Pembinaan Satuan Karya Pramuka



GUNUNGKIDUL — Dalam rangka memberikan pemahaman tentang alur pembinaan Satuan Karya (Saka), Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Gunungkidul menyelenggarakan Workshop Pengelolaan Kegiatan Pembinaan Satuan Karya Pramuka, Kamis (28/11/2019).

Kegiatan yang berlangsung di Sanggar Bakti Pramuka Gunungkidul ini mengusung tema “Meningkatkan Kualitas Kegiatan Pembinaan Satuan Karya Pramuka untuk Mendukung Pencapaian Kabupaten Layak Anak.”

Pra peserta yang mengikuti workshop ini merupakan perwakilan dari Saka, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan perwakilan Kwartir Ranting yang terdiri dari Andalan Ranting yang mengampu pembinaan anggota muda atau anggota dewasa.

Sebagaimana diketahui, Kwarcab Gunungkidul memiliki visi Kokoh, Bersinergi, Berprestasi, untuk mewuduakannya diperlukan usaha yang bersifat strategis dengan fokus pada peningkatan kapasitas keanggotaan Gerakan Pramuka.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah proses penguatan dan pengembangan kelembagaan, peningkatan kapasitas Satua Karya Pramuka, terutama bagi OPD-OPD yang memiliki binaan Satuan Karya.

Ketua Kwarcab Gunungkidul Kak Bahron Rasyid, S.Pd., M.M. dalam sambutannya mengapresiasi Saka yang telah terbentuk dan aktif melaksanakan pembinaan seperti Saka Pariwisata (bidang kepariwisataan), Saka Bakti Husada (bidang kesehatan masyarakat), Saka Wira Kartika (bidang pertahanan nasional), dan Saka Kalpataru (bidang lingkungan hidup).

Di Kwarcab Gunungkidul saat ini juga terdapat Saka yang masih dalam tahap rintisan pembentukan, yaitu Saka Wanabakti (bidang kehutanan) dan Saka Widya Budaya Bakti (bidang seni dan kebudayaan).

Dengan Workshop Pengelolaan Kegiatan Pembinaan Satuan Karya Pramuka tersebut, Kwarcab Gunungkidul berharap hal ini merupakan salah satu upaya peningkatan jumlah dan mutu pengelolaan Saka. Selanjutnya, perlu dilakukan standarisasi pengelolaan kegiatan pembinaan yang dilakukan oleh Saka-Saka tersebut agar menjadi lebih baik.

__
Pewarta : Natalia Bekti Kurniawati

Post a Comment

0 Comments