Kwarcab Gunungkidul Adakan Wajib Kunjung Situs ke Keraton Surakarta


GUNUNGKIDUL -- Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Gunungkidul bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan kabupaten Gunungkidul mengadakan kegiatan kunjung situs ke Keraton Surakarta, Selasa (26/11/2019).

Gerakan Pramuka merupakan lembaga pendidikan non formal juga memiliki kepedulian akan sejarah dan budaya. Oleh sebab itu, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gunungkidul merencanakan kegiatan mengunjungi obyek sejarah dan budaya. Kegiatan budaya akan menjadi bagian integral dari program Andalan Seni dan Budaya Kwarcab Gunungkidul.

Agus Kamtono, S.Sos, M.Si, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul, dalam kata sambutannya mengatakan bahwa Kakak-Kakak Andalan Cabang Gerakan Pramuka Gunungkidul ini diharapkan dapat menjadi motivator dalam upaya mengenalkan situs-situs sejarah yang ada di sekitar Kabupaten Gunungkidul.

Sedangkan situs yang dikunjungi yakni Kraton Surakarta, akan menjadi pelengkap pemahaman tentang sejarah kebudayaan. Dinas Kebudayaan juga memberikan kesempatan masyarakat untuk mengikuti berbagai kegiatan kebudayaan yang difasilitasi dalam upaya melestarikan dan mengembangkan budaya Jawa yang adiluhung.

Kak Edi Dwi Atmaja memberikan kesannya mengikuri kegiatan ini “Kegiatan ini memberikan gambaran pada saya secara pribadi bahwa perlu sinergitas dalam sosialisasi budaya kepada masyarakat, salah satunya dengan kegiatan kunjung situs seperti ini, dimana dinas kebudayaan memfasilitasi Kwarcab yang kemudian dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran baik di pramuka maupun di sekolah."

Selanjutnya, melalui kegiatan Wajib Kunjung Situs ini diharapkan Gerakan Pramuka dapat berperan aktif dalam usaha mengenalkan situs purbakala yang perlu dipelihara kelestariannya, serta meningkatkan motivasi dan kecintaan akan sejarah, pemaham yang lengkap akan sejarah, juga meningkat motivasi menggali dan meng-up grade potensi, pengetahuan, dan wawasan sejarah guna mengoptimalkan kegiatan kepramukaan.

__
Pewarta : Natalia Bekti Kurniawati

Post a Comment

0 Comments