Pelatihan Jurnalistik Bagi Anggota Pramuka Gunungkidul



GUNUNGKIDUL -- Kak Bahron Rasyid, S.Pd, M.M. , Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gunungkidul, (Selasa, 10/12) membuka secara resmi Pelatihan Jurnalistik bagi Anggota Pramuka, bertempat di Be Ge Homestay Madusari, Wonosari. Pelatihan tersebut dengan tema Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Komunikasi Kwartir. Dalam sambutannya Kak Bahron meminta anggota Pramuka dapat menjadi agen informasi, anggota Pramuka dapat menginformasikan berita-berita positif, dan menjauhkan dari hoax dan berita nyinyir.

Jurnalistik sangat berpengaruh bagi perkembangan media massa. Berkat jurnalistik, kemajuan teknologi bisa dinikmati banyak orang. Laporan tentang peristiwa aktual, penting, dan menarik dapat dibaca di media massa.

Gerakan Pramuka sebagai organisasi terdidik yang memiliki berbagai program kerja dan kegiatan serta jaringan yang luas, Anggota Gerakan Pramuka juga harus memiliki kemampuan dalam mengembangkan potensi dalam dirinya. Salah satunya adalah dalam hal menuliswarta atau berita. Jurnalistik sebagai bagian dari dunia berita memberi kesempatan anggota Pramuka di dalam meningkatkan skills dalam dalam mengelola dunia jurnalistik.

Perlunya Anggota Gerakan Pramuka dalam mendalami jurnalistik, akan membawa dampak positif. Salah satunya adalah ketrampilan mereka di dalam mengelola media massa. Dengan memiliki ketrampilan di dalam mengelola media massa, maka peluang remaja untuk terjun di dalam dunia jurnalistik akan terbuka lebar. Lebih spesifik, banyaknya kegiatan ditingkat Kwartir Ranting saat ini masih belum dipublikasikan baik di media sosial Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang.

Banyak informasi yang semsestinya sangat menarik untuk diwartakan namun belum adanya ketrampilan menulis berita membuat publikasi kegiatan sering tidak dilakukan. Selain ketrampilan menulis berita, sosialisasi dan pemanfaatan media sosial Kwartir Cabang Gunungkidul juga belum maksimal.

Ketua Panitia Kak Sunata, S.Pd, MM melaporkan bahwa pelatihan ini diikuti 36 orang peserta dari semua kwartir ranting di Gunungkidul. Antusiame peserta dalam mengikuti pelatihan ini menjadi modal bagi gerakan Pramuka untuk mengadakan pelatihan jurnalistik dasar dalam rangka mengembangkan skills anggota Pramuka Gunungkidul dalam dunia kepenulisan khususnya menulis berita. Materi dalam pelatihan ini seputar wawasan media massa, dasar menulis berita dan aplikasi menulis berita.

Dengan pelatihan ini diharapkan Andalan Pramuka Gunungkidul mampu mengelola media massa dengan baik, dapat berkontribusi dalam mengembangkan media sosial Kwartir Cabang Gunungkidul dengan berbagai berita menarik seputar kepramukaan baik di tingkat Gugus Depan, Ranting, Cabang, Daerah bahkan Nasional yang mungkin diikuti oleh anggota Pramuka Kwarcab Gunungkidul.

___
Perwarta : Kak Winarta Bla

Post a Comment

0 Comments