Kwarcab Gunungkidul Resmikan Tiga Gugusdepan Prasiaga

GUNUNGKIDUL -- Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Gunungkidul meresmikan tiga gugusdepan Prasiaga yaitu TK Negeri Nglipar, TK Pamardi Siwi, dan TK PKK Gentungan pada Rabu, 21 Februari 2024. Ketiganya berada di wilayah Kwartir Ranting Nglipar.

Bertempat di TK Negeri Nglipar, peresmian tiga gugusdepan prasiaga ini ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Kwarcab Gunungkidul terkait penomoran gugusdepan yang sebelumnya dilakukan pelantikan Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan (Ka Mabigus) dan jajaran pengurusnya.

Ka Mabigus ketiga pangkalan ini dilantik oleh Ketua Kwarcab Gunungkidul, Kak Nunuk Setyowati, S.Pd., M.M. yang diawali dengan pembacaan Surat Keputusan, ikrar, serta prosesi tanya jawab pelantikan.

Kak Nunuk dalam sambutannya menyampaikan selamat atas diresmikannya gugusdepan Prasiaga dan dilantiknya pengurus gugusdepan dari TK Negeri Nglipar, TK Pamardi Siwi, dan TK PKK Gentungan.

"Selamat bertugas dan mengemban amanah semoga nilai-nilai kepramukaan dapat dimulai dari sini dan menyebar nantinya agar terbentuknya pemuda-pemuda yang memajukan Indonesia," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Kak Nunuk juga melaporkan bahwa Kwarcab Gunungkidul telah melaksanakan janji melakukan pendataan keanggotaan yang sempat tertunda melalui Sistem Informasi Kelembagaan dan Keanggotaan (SISKA) Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY) yang sempat tertunda.

“Alhamdulillah, Kwarcab Gunungkidul konsisten melakukan pendataan anggota kepramukaan di Cabang Gunungkidul kurang dari 60 hari dengan total data kurang lebih 89 ribu data anggota,” ujarnya.

Ketiga Gugusdepan Prasiaga ini menjadi prosesi peresmian yang kedua. Sebelumnya telah dilaksanakan di TK Negeri 1 Maret, di Kwartir Ranting Playen, yang menjadi Gugusdepan Prasiaga pertama di Kwarcab Gunungkidul.

Kak Nunuk mengajak seluruh hadirin untuk dapat bersama-sama meningkatkan semangat untuk menanamkan nilai-nilai kepramukaan yang positif kepada anak-anak, hingga nantinya sampai di lini tertinggi untuk Indonesia.

Sementara itu, Kak Diah Purwanti Sunaryanta, Bunda PAUD Kabupaten Gunungkidul yang juga anggota Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan dukungan atas diresmikannya ketiga PAUD menjadi gugusdepan Prasiaga.

Ia berharap dengan adanya gugusdepan ini dapat memberikan kegiatan yang positif bagi anak-anak dan bisa dicontoh oleh sekolah-sekolah yang lain di Kabupaten Gunungkidul.

Kepala TK Negeri Nglipar Kak Eka Rini Yunianti yang dilantik sebagai Kamabigus merasa bangga karena pangkalannya menjadi salah satu yang diresmikan menjadi gugusdepan prasiaga di Kwarcab Gunungkidul.

Kak Eka Rini berharap, semoga kepercayaan yang diberikan oleh Kwarcab Gunungkidul melalui Kwarran Nglipar pada umumnya dan TK Negeri Nglipar pada khususnya tersebut dapat memberikan motivasi untuk kwarran lainnya dan sekolah lainnya dalam pelaksanaan prasiaga.

Pewarta : Norma/cst

Post a Comment

0 Comments