Sinergi, Kwarcab dan Kwarran se-Gunungkidul Adakan Koordinasi

GUNUNGKIDUL -- Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gunungkidul mengadakan Rapat Koordinasi bersama dengan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka se-Gunungkidul yang berlangsung di Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Gunungkidul, Selasa (02/02/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pimpinan Kwarcab Gunungkidul dan seluruh Ketua Kwartir Ranting se-Gunungkidul serta dihadiri oleh Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul Kak Irfan Ratnadi untuk memberikan pengarahan.

Kak Bahron Rasyid selaku Ketua Kwarcab Gunungkidul menyampaikan bahwasannya Kwarcab Gunungkidul mengalami peningkatan yang pesat, dibuktikan dengan pencapaian-pencapaian dari segi organisasi maupun keanggotaan.

Disamping itu, Kwarcab Gunungkidul senantiasa meningkatkan peran serta Pramuka di seluruh lini bersama dengan masyarakat guna membuahkan kader-kader anggota muda yang berkarakter. Kokoh, Bersinergi, dan Berprestasi menjadi semangat sekaligus Misi dari Kwarcab Gunungkidul yang diindahkan sebagai upaya pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka Gunungkidul dengan mengusung tagline “Goes to Eagle Scout!”.

Ditengah pendemi COVID-19, seluruh komponen Gerakan Pramuka Gunungkidul tetap berupaya untuk memaksimalkan pencapaian peserta didik dalam penempuhan sampai dengan kecakapan setinggi-tingginya dengan menyelenggarakan kegiatan baik daring maupun luring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Upaya ini menghasilkan pencapaian yang luar biasa dengan membuahkan 398 Pramuka Garuda selama tahun 2020.

Bukan hanya memperhatikan pencapaian anggota muda, upaya untuk meningkatkan kapasitas anggota dewasa dalam hal ini pembina Pramuka Pramuka juga dikerahkan dan dapat dibuktikan dengan penyelenggaraan Karang Pamitran dan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML).

“Kwarcab Gunungkidul mendapatkan perhatian yang lebih dari pemerintah, dibuktikan dengan Kwarcab yang mendapatkan bantuan dana hibah yang bersumber dari APBD Kabupaten Gunungkidul sebagai dukungan operasional penyelenggaraan pendidikan karakter melalui kepramukaan. Perhatian yang diberikan pemerintah ini karena Pramuka dalam hal ini Gerakan Pramuka mampu menciptakan generasi muda yang tanggap, berkarakter, dan unggul,” tutur Kak Irfan Ratnadi.

Kak Irfan Ratnadi yang juga Wakil Ketua II Kwarcab Gunungkidul urusan Kelembagaan menyambut baik pencapaian Kwarcab Gunungkidul dan untuk mengawali tahun 2021 akan memandegani program Kwarcab Gunungkidul dengan menyelenggarakan Rapat Kerja Cabang Tahun 2021.

Rapat Kerja Cabang Gunungkidul Tahun 2021 akan diselenggarakan pada 13 Februari 2021 yang bertempat di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga. Atas dasar penyelenggaraan kegiatan yang memiliki keluaran positif bagi anggota Gerakan Pramuka, generasi muda, maupun masyarakat, rencana penyelenggaraan Rapat Kerja Cabang didukung baik dari seluruh pihak dengan komitmen untuk tetap memperhatikan dan mematuhi protokol kesehatan.

Rapat koordinasi ini juga dimanfaatkan sebagai ajang evaluasi penyelenggaraan program pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka Gunungkidul dan perencanaan strategi kedepan untuk kemajuan pengembangan kepramukaan melalui program-program pendidikan karakter yang tepat sasaran. Dukungan dan partisipasi dari Gugus Depan, Satuan Karya, Satuan Komunitas, dan Kwartir Ranting dalam mendukung terwujudnya Visi sangat berpengaruh.

“Gerakan Pramuka se-Gunungkidul harus mampu mencetak generasi muda yang kokoh dari segi pengetahuan dan pemahaman, mampu bersinergi dengan lingkungan dalam rangka pembagunan daerah dan berprestasi secara akademik maupun non-akademik. Dalam lingkup kelembagaan ketiga falsafah tersebut layaknya menjadi sebuah cermin masa depan dimana seluruh kelembagaan di Gunungkidul dapat kokoh dalam artian mampu menjalankan fungsi kelembagaan sesuai amanah Gerakan Pramuka, mampu bersinergi dalam mewujudkan pembinaan generasi muda yang tangguh, dan berprestasi dalam segala bidang,” penutup Kak Bahron Rasyid. (hnr)

Post a Comment

0 Comments