Kwarcab dan Disdikpora Gunungkidul Dukung ISC



WONOSARI – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul, serta Kwarcab 1203 Gerakan Pramuka Gunungkidul, mendukung dan mendorong rencana pelaksanaan Indonesia Scouts Challenge (ISC) 2015-2016 di Gunungkidul. Dukungan tak hanya disampaikan kepada penyelenggara dalam hal ini Jawa Pos dan PT DBL, tapi juga menindaklanjutinya dengan sosialisasi rencana pelaksanaan ISC tersebut.

Sosialisasi sudah dilakukan Jumat, 22 April, di Aula Gedung Disdikpora Gunungkidul dengan menghadirkan para kepala sekolah (Kepsek) SD dan MI se Gunungkidul, dan para Kepala UPT.

“Sosialisasi harus kami lakukan sebagai tindak lanjut dari audiensi yang telah dilakukan dengan Bupati Gunungkidul selaku Kamabicab Gerakan Pramuka di Kabupaten Gunungkidul pada 5 April lalu,” kata Kepala Bidang TK SD Disdikpora Gunungkidul Sri Andari S.Pd,MM mewakili Kepala Dinas Dikpora Gunungkidul yang berhalangan hadir dalam sosialisasi.

Menurut Sri Andari, kegiatan atau kompetisi ISC yang akan digelar ini sangat bagus untuk mendukung tumbuh kembang karakter anak. Sebab, kompetisi yang akan digelar lebih kreatif dan cerdas jika dibandingkan dengan aktivitas atau kegiatan yang diselenggarakan di lingkungan Kwarcab selama ini.

Hal yang sama disampaikan Sekretaris Kwarcab 1203 Gerakan Pramuka Gunungkidul Edy Suryanto S.Sos, M.Ap. Untuk kegiatan ISC ini, kata Edy, Kwarcab Gunungkidul siap mendukung. “Ini rencana kegiatan dan kompetisi kepramukaan yang bagus. Apalagi ini untuk Penggalang Ramu, dalam sejarahnya di Gunungkidul belum pernah diselenggarakan,” ujarnya.

Sebagai informasi, Indonesia Scouts Challenge (ISC) adalah sebuah aktivitas berkemah sekaligus berkompetisi yang seru untuk anak didik atau Pramuka Penggalang Ramu, yang duduk di bangku kelas IV hingga V Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI). Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara Jawa Pos, PT DBL dan Kwarnas Pramuka.

ISC diselenggarakan di tujuh provinsi di Indonesia, antara lain DI Jogjakarta, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Penyelenggaraan sudah dimulai Oktober 2015 hingga Oktober 2016 mendatang. Sementara untuk di DIJ diagendekan mulai Juli (setelah Lebaran). Pemenang kegiatan ini akan diberi hadiah menarik yakni berkesempatan jalan-jalan dan belajar ke Amrik (Amerika Serikat).

Menurut Disdikpora maupun Kwarcab Gunungkidul, karena kegiatan ini sangat bagus dan menarik, diimbau para kepala sekolah SD dan MI untuk mendaftarkan anak didiknya sebagai peserta. “Setelah sosialisasi ini, akan kami tindaklanjuti dengan surat edaran (SE). Dengan harapan seluruh SD dan MI di Gunungkdiul bisa berpatisipasi, ikut semua,” ujar Sri Andari yang diiyakan Edy.

Sumber : RadarJogja

Post a Comment

0 Comments